Ular terkadang menjadi binatang yang menyeramkan dan menggelikan bagi beberapa orang, terlebih lagi jika ular itu adalah ular terbesar di dunia ini. Ular adalah binatang reptil yang populasinya masih cukup banyak di dunia ini. Ada sekitar 2.900 spesies ular dan hampir 400 berbisa. Makanan ular yaitu rayap, tikus, burung, katak, rusa kecil, reptil dan lain-lain.
Ular makan seluruh mangsanya dan mampu mengkonsumsi mangsa tiga kali lebih besar dari diameter kepala mereka.

Inilah daftar 10 Ular Terbesar Ular di Dunia

10. Carpet Python
Carpet Python

Phyton adalah spesies terbesar python dalam genus Morelia, mencapai antara 2 sampai 4 meter (6,6-13 ft) panjang dan beratnya sampai 15 kilogram (33 pon). Panjang dewasa rata-rata kira-kira 2 meter (6,6 kaki). Ular jantan biasanya lebih kecil daripada betina, di beberapa daerah ular betina hingga empat kali lebih beratnya.

9. Boa Columbian Ekor Merah
Boa Columbian Ekor Merah

Ukuran rata-rata boa betina dewasa adalah antara 7-10 kaki (2,1-3,0 m), sementara itu adalah 6-8 kaki (1,8-2,4 m) untuk jantan. Sangat umum bagi individu betina melebihi 10 kaki (3,0 m), terutama di penangkaran, di mana panjang hingga 12 kaki (3,7 m) atau bahkan 14 kaki (4,3 m).

8. Bushmaster Viper
Bushmaster Viper

Bushmaster Viper adalah ular berbisa terpanjang hingga 13 meter, ditemukan di semak belukar dan hutan dari lembah Sungai Amazon utara ke Kosta Rika. Ular besar ini berwarna coklat kemerahan sedikit abu-abu merah muda.

7. King Cobra

King cobra adalah ular berbisa terbedar di dunia, dengan panjang hingga 18,5-18,8 ft (5,6-5,7 m). Ular ini suka memangsa ular lainnya.

6. Scrub Python
Scrub Python

Ular ini memegang gelar ular terbesar tidak berbisa di Australia. Panjang maksimal scrub python adalah 8,5 meter (28 kaki).

5. African Rock Python
African Rock Python
Dengan panjang dewasa rata-rata 18 meter, dan maksimum 25 meter, dominasinya di alam liar membuat ular ini agresif dan kuat, dan akan makan hampir apa pun yang muat di makan. Habitat ular ini adalah di Afrika.

4. Burmese Python
Burmese Python
Panjang dewasa rata-rata adalah sekitar 13 kaki, dan panjang terpanjang yang tercatat adalah 20 feet.

3. Reticulated Python
Reticulated Python
Reticulated Python ditemukan di Asia Tenggara. Rata-rata panjang python reticulated adalah 18 meter, yang terpanjang tercatat 32 meter.

2. Green Anaconda
Green Anaconda

Anaconda Hijau atau Green Anaconda terkenal sebagai ular terbesar kedua di dunia. Ular ini hidup di rawa dari Amerika Selatan. Rata-rata ukuran dewasa untuk anaconda hijau adalah 15-17 meter.

1. Ular Titanoboa
Ular Titanoboa


Pajang ular Titanoboa dapat mencapai 13m (42ft), setara dengan panjang bus. Ular ini hidup di hutan hujan di utara-timur Kolombia 58-60 juta tahun yang lalu. Ular itu begitu besar, dan besarnya dapat mencapai hingga pinggul seseorang, kata peneliti yang telah memperkirakan bahwa beratnya lebih dari satu ton.
 
Top